Jumat, 14 Oktober 2016

Terbongkar!!!Si Kasrin Haji Misterius Diperiksa MUI, dan Hasilnya, Ternyata…

Terbongkar!!!Si Kasrin Haji Misterius Diperiksa MUI, dan Hasilnya, Ternyata…

Baca Juga

REMBANG – Seorang warga RT 3/RW 2 Dukuh Gembul, Desa Sumberjo, Pamotan, Rembang, Jawa Tengah bernama Kasrin membuat heboh lingkungannya. Pasalnya, pria yang berprofesi sebagai tukang becak itu mengaku pergi naik haji secara gaib alias mistis.

Kasrin bahkan didatangi banyak warga yang minta didoakan. Warga yang datang juga kadang membawa bahan-bahan kebutuhan pokok terutama gula.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rembang bahkan merasa perlu mengirim utusan untuk menemui Kasrin. Pasalnya, Kasrin tetap ngotot mengaku telah menunaikan rukun Islam kelima itu meski namanya yak terdaftar di Kementerian Agama.

Ketua MUI Rembang Zainuddin Jafar saat ditemui Jawa Pos Radar Kudus mengaku telah bertemu Kasrin. Dalam pertemuan yang digelar Jumat (7/10) petang, Zainuddin mengajak Abdul Wahab Hasbi (benrahara MUI Rembang) dan Ahmad Toha (ketua Komisi Fatwa).
Kasrin menunjukkan teko yang menurutnya dari Makkah. Foto: Radar Kudus/JPG

Tak jauh berbeda dengan puluhan tamu lainnya, tiga ulama itu bertamu selayaknya masyarakat umum yang penasaran dengan cerita Kasrin. ”Awalnya kami memang sengaja tidak bilang dari MUI,” jelasnya.

Secara bergantian, tim mengajak bicara Kasrin sembari mengajukan beberapa pertanyaan seperti rukun dan syarat haji. Namun, saat ditanya kedua hal itu, Kasrin tak tahu menahu apa saja rukun dan syarat beribadah haji.



Zainuddin dan dua koleganya terus memancing Kasrin dengan pertanyaan pancingan. Termasuk soal Kakbah di Makkah, lokasi thawaf dan wukuf.

Dari penuturan Kasrin, thawaf dilakukan di lapangan. Namun, saat ditanya apakah lapangan itu ada di Makkah, dia mengaku tidak tahu.

”Tidak tahu apa itu wukuf. Arafah itu apa juga tidak tahu. Melihat Kakbah juga tidak. Bahkan, baju ihrom yang paling pokok pun tidak punya. Pengakuannya, dia pakai baju putih,” tambahnya.

Fakta lain yang didapati oleh tim, Kasrin tak hafal bacaan-bacaan yang dilafalkan saat melaksanakan ibadah haji. Bahkan, doa keselamatan dunia akhirat pun dia tak mampu melafalkannya.”Tapi, justru malah masyarakat berbondong-bondong minta doa ke sini (Pak Kasrin),” ungkapnya.

Setelah mengantongi informasi yang cukup, tim lantas menggelar musyawarah singkat di rumah Kasrin saat itu juga. Zainuddin lantas mengungkapkan, bahwa dia dan dua orang lainnya merupakan anggota MUI Rembang.

Di hadapan Kasrin, tim MUI lantas mengungkapkan kesimpulan bahwa pria sepuh itu tak berangkat haji. Sebab, tak tahu rukun dan syarat haji, serta tak mengetahui tempat-tempat melaksanakan dua hal tersebut di Makkahh.

”Sama sekali tidak mencerminkan dia pergi haji. Saya dari MUI, menyimpulkan jenengan tidak pernah melakukan ibadah haji,” jelasnya.

Zainuddin lantas meminta Kasrin untuk tidak membingungkan masyarakat dan menceritakan bahwa dia tidak pernah pergi haji. MUI Rembang mengimbau masyarakat agar tak mudah percaya dengan kabar Kasrin melaksanakan rukun Islam kelima itu tanpa melalui prosedur semestinya.

”Kami menghimbau masyarakat jangan mengkultuskan Pak Kasrin ini,” pungkasnya.

Related Posts

Terbongkar!!!Si Kasrin Haji Misterius Diperiksa MUI, dan Hasilnya, Ternyata…
4/ 5
Oleh