Sabtu, 25 Maret 2017

Inilah Penjelasan Medis Adanya Benjolan di Tangan atau Kaki - Bantu SHARE !!

Inilah Penjelasan Medis Adanya Benjolan di Tangan atau Kaki - Bantu SHARE !!

Baca Juga

Artikel terbaru kali ini berjudul Inilah Penjelasan Medis Adanya Benjolan di Tangan atau Kaki - Bantu SHARE !!, simak selangkapnya dan mari kita baca sampai tuntas. Apakah Anda tiba-tiba mendapati benjolan di pergelangan tangan? Bisa jadi benjolan ini adalah ganglion cysts atau kista kantong sendi.



Gumpalan ganglion adalah jenis massa yang menonjol dan timbul di tangan serta dapat tumbuh di bagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan. Gumpalan ganglion juga dapat timbul di ujung persendian jari-jari hingga di bagian bawah jari-jari dalam berbagai ukuran.

Kadang, ganglion dapat tumbuh lebih besar bila pergelangan tangan terus-menerus beraktivitas. Sebaliknya, semakin sedikit aktivitas pergelangan tangan, benjolan ganglion pun dapat semakin mengecil.

Ganglion dapat keluar dari persendian dan berbentuk mirip balon. Bagian dalam dari balon menggumpal tersebut terasa tebal, licin, cair, dan serupa cairan yang melubrikasi persendian.
Ganglion biasanya terjadi pada orang yang berusia 15 – 40 tahun dan kebanyakan dialami wanita atau pesenam. Ganglion yang tumbuh di ujung sendi jari disebut kista mucous yang timbul karena artritis pada sendi jari-jari. Tapi, kista mucous ini biasanya timbul pada orang yang berusia 40 – 70 tahun.

Normalnya, ganglion tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun saat gumpalan cairannya menekan saraf-saraf, dapat timbul rasa sakit, geli, dan lemah otot.

Cara menentukan berbahaya tidaknya ganglion bisa melalui pemeriksaan foto rontgen pergelangan tangan yang dapat memperlihatkan struktur tulang, kemungkinan adanya artritis, maupun tumor tulang. Pemeriksaan ini biasanya ditunjang MRI atau ultrasound supaya jaringan lunak seperti ganglion bisa terlihat lebih jelas.

Pengobatan ganglion tanpa operasi adalah pengawasan ganglion selama tidak ada perubahan dan gejala, pemakaian kawat penyangga pergelangan tangan (kruk) untuk mengurangi ukuran ganglion, serta menyerap cairan melalui jarum suntik. Sayangnya, cara terakhir sering gagal karena akar atau sambungan ganglion ke sendi atau ke lapisan tendon tidak terangkat.

Operasi pengangkatan ganglion berupa sayatan untuk pengangkatan kantong ganglion hingga ke akarnya. Tapi, operasi hanya direkomendasikan saat perawatan tanpa operasi tidak berhasil. Dan, meski sudah dioperasi, ganglion masih bisa tumbuh lagi.

Sayatan ganglion termasuk operasi kecil di mana penderita ganglion dapat segera pulang dari rumah sakit. Efek samping usai operasi adalah bengkak dan rasa tidak nyaman. Aktivitas normal setelah operasi ganglion dapat dilakukan sekitar 2 - 6 minggu setelah operasi.

Terimakasih telah membaca artikel Inilah Penjelasan Medis Adanya Benjolan di Tangan atau Kaki - Bantu SHARE !! ini, semoga artikel tersebut bermanfaat. Jangan lupa komen dan share ya kawan....

Related Posts

Inilah Penjelasan Medis Adanya Benjolan di Tangan atau Kaki - Bantu SHARE !!
4/ 5
Oleh